tips online marketing

Ini Lho Rahasia Meningkatkan Traffic Website, Ternyata Nggak Susah Kok.

Dari research pribadi saya melihat beberapa calon customer ataupun yang udah jadi customer mostly orang yang dari offline kalo mau masuk dunia online berpikir udah bikin website aja nanti saya udah punya bisnis online.

Membuat website memang salah satu cara kita masuk ke dunia online, tetapi orang nggak memikirkan hal terpenting setelah itu yaitu traffic atau pengunjung website. Ibarat kalo kita bisnis offline website itu seperti rumah / ruko / toko kita udah sewa tapi kalo nggak ada pengunjung yang lihat ya artinya produk atau jasa kita nggak akan laku.

Bisa saya simpulkan bahwa banyak orang sudah punya website tapi bingung bagaimana cara meningkatkan traffic. Teknologi memang bisa mempercepat pertumbuhan sebuah bisnis, tapi teknologi nggak bisa membuat kamu kaya dalam sehari. Butuh plan dan strategi yang tepat untuk bisa meningkatkan traffic website bahkan meningkatkan omset bisnis dari online.

Di artikel ini saya mau share pengalaman pribadi saya dalam meningkatkan traffic website klien maupun website pribadi saya.

Hindari pemikiran online / internet adalah alat mempercepat kekayaan Anda

Cara meningkatkan traffic website

Ketika saya buat artikel ini saya berpikir untuk memulai langsung dari tips. Tapi tiba-tiba muncul ide supaya artikel ini dapat dinikmati banyak orang nggak cuman untuk orang yang tau teknologi aja.

Saya berpikir untuk share juga pengalaman beberapa orang  yang misconception tentang posisi nomor 1 di Google HANYA dengan membuat website.

Ini kesalahan yang cukup fatal ketika orang membuat website. Simpelnya saya tanya gini deh si A dagang peralatan elektronik mau bikin website supaya otomatis no 1 di Google. Si B adalah kompetitor si A tokonya sebelahan doang di Glodok dan mereka berpikir hal yang sama.

Bayangin aja deh ada 100 orang kaya gitu. Kira-kira Google bakal bingung nggak milih siapa yang jadi no 1?

Pemikiran seperti ini fatal karena saya harus bilang bahwa membangun bisnis online pun butuh proses, butuh ketekunan, nggak ada yang langsung jadi. Selain itu ketika kita rangking dengan keyword tertentu belum tentu keyword itu adalah keyword yang banyak dikunjungi dan orang sudah berpikir untuk membeli.

Orang yang bisa menjadi nomor satu dengan cepat ada beberapa faktor.

Pertama, orang itu memang melihat peluang pertama kali dan dia lebih cepat dari para kompetitor yang lain dalam melihat peluang, kedua kemunkinan kompetisi keywordnya tidak terlalu susah, ketiga orang ini mungkin udah puluhan tahun memulai di dunia online.

So, cara pertama kalau kamu mau meningkatkan traffic websitemu harus rubah cara berpikir dari instant result ke proses dan goal.

Dengan memikirkan setiap detail strategi dalam memasarkan website atau pengunjung websitemu meningkatkan traffic bukan lagi sebuah hal yang susah tapi bisa sangat menyenangkan dan menantang.

Mulai membuat Brand dan konten yang lebih menarik bisa meningkatkan traffic website loh

Cara meningkatkan traffic website

Tips yang kedua adalah masalah konten. Point ini adalah point yang banyak orang tidak pernah berpikir. Saya bilang di dunia online kuncinya cuman satu, brand yang bisa membuat konten yang lebih menarik dia yang akan menang.

Saya share hasil observe saya ya..

Kalian semua tau kan baru-baru ini sangat sangat populer minuman jus mangga? Nggak usah sebut merk ya hehehe…

Di Jakarta orang rela antri berjam-jam demi satu gelas jus mangga ini. Aku tanya deh bagi yang udah perna minum: Apa sih bedanya? Jus mangga di sono sama orang jual jumbo jus?

Bedanya guys, kalo kalian beli jus mangga yang hampir 50 ribuan dan antri berjam-jam kalian bisa selfie, bisa share di Instagram, bisa terlihat eksis, dll.

Bayangin jus mangga doang kalo udah di brand dan di buat kontennya lebih menarik harganya bisa 5x lipat loh dari jus mangga biasa. Plus orang rela antri berjam-jam bahkan yang niru buanyak pake banget.

Konten yang beberapa orang berpikir bahwa bentuknya adalah artikel. Salah satu bentuk konten memang artikel tapi konten tidak harus artikel.

Kesalahan fatal orang berpikir bahwa oh konten tu harus nulis artikel, SEO nya harus bagus, dll. Aku jamin orang yang bikin jus mangga tersebut nggak akan berpikir bahwa harus SEO bagus, harus artikel bagus, dll.

Membuat konten yang bagus simply dengan membuat brand yang bagus. Kemudian memikirkan bagaimana kemasan, foto produk, poster pemasaran, penawaran dari pemasaran tersebut. Semakin kreatif pasti semakin menarik.

Semakin menarik maka semakin banyak orang akan googling nama Anda artinya traffic Anda akan semakin naik juga.

Jadi ingat cara kedua untuk meningkatkan traffic websitemu simpel sekali dengan memikirkan setiap detail konten mulai dari kemasan, foto produk, poster pemasaran, artikel, dll.

Hargai setiap kritik dan saran dari customer. Konsisten memberikan added value bagi customer.

Cara meningkatkan traffic website

Topik ini kok sepertinya melenceng ya dari pembahasan kita? Oh jangan ambil kesimpulan terlalu cepat bro, sis.

Tau nggak strategi marketing yang namanya endorse? Kalian bisa cek salah satu artikel saya yang bahas influencer marketing atau endorse.

Guys teknik endorse itu sebenernya udah banyak sekali di pake di jaman dulu. Tapi, dulu kalo kamu mau endorse biasanya sih endorse artis ya jarang lah endorse ke temen.

Dengan adanya social media sekarang semua orang bisa jadi pengaruh loh. Setiap orang pasti punya hobby, pasti punya kesukaannya mereka dengan interest seperti itu artinya setiap orang pasti punya pengaruh ke komunitas yang mereka diami.

Komunitas itu bisa dalam bentuk komunitas di gereja, komunitas di pengajian, komunitas di sekolah, banyak banget lah.

Dampaknya gimana sih? Ketika ada orang yang suka produk / jasa dari kamu mereka akan post di Instagram / Facebook mereka bercerita tentang pengalaman membeli / menggunakan produk dan jasamu.

Secara nggak langsung customer tersebut sudah mengendorse kamu tanpa kamu harus bayar mahal loh.

Sekalipun dengan kritik, kita emang nggak bisa menjaga customer satisfication selalu 100% pasti lah ada dari 100 orang mungkin 2-3 orang komplain.

Tapi bagaimana cara kita menghandle komplain itu yang orang akan ingat dan akan mereka share ke komunitas mereka.

Memberikan layanan yang baik pada customer yang mengkritik dan konsisten menjaga kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu cara yang sangat simpel untuk meningkatkan traffic website.

Dengan cara seperti ini orang bisa share pengalamannya dengan bisnismu yang ujung-ujungnya nanti juga meningkatkan traffic di websitemu.

Memanfaatkan iklan jadi strategi utama untuk meningkatkan traffic website

Cara meningkatkan traffic website

Tips yang ke empat adalah memasang iklan.

Salah satu strategi yang memang sudah ada dari dulu juga adalah iklan. Di dunia digital pun sudah banyak platform yang memperbolehkan kamu untuk memasang iklan di platformnya.

Beberapa platform besar yang sudah ada adalah Facebook Ads, Google Adwords, Youtube Ads, dll.

Selain itu beberapa perusahaan lokal juga sudah memberikan layanan iklan untuk bisnisnya seperti Top Ads (Tokopedia), dll.

Tips dari aku kalo kamu mau memasang iklan adalah sebagai berikut:

  1. Tetapkan budget tiap bulan. Budget nggak harus nominal yang besar tapi intinya adalah konsistensi. Kalau kalian punya budget 2juta tiap bulan buat rata-rata per hari sekitar 50ribu spent jangan dihabiskan dalam satu hari. Karena nggak semua orang bisa melihat dalam hari pertama.
  2. Pilih platform yang tepat. Untuk beberapa bisnis seperti dagang cocok sekali menggunakan Google Adwords, sedangkan untuk industri kreatif seperti fashion, aksesoris, dll. Gunakan Facebook Ads.
    Sebenernya boleh-boleh aja untuk menggunakan dua-duanya hanya saja pastikan kamu fokus dalam satu task karena Google Adwords dan Facebook Ads punya behaviour yang beda juga.
  3. Selalu ukur ROI (Return of Investment). Banyak orang pasang iklan cuman asal pasang tanpa menghitung ROI-nya.
    Menghitung ROI itu penting banget loh karena dengan begitu kalian bisa mengetahui seberapa pengaruhnya iklanmu terhadap traffic bahkan penjualanmu.
  4. Optimasi, optimasi dan optimasi! Berkaitan dengan point 3, misal kamu udah spent iklan sebesar 2juta dengan return menghasilkan ROI sebesar 100% atau 4 juta bulan pertama.
    Jangan terlalu cepat untuk menambah budget, coba untuk menaikkan ROI nya menjadi 200% atau bahkan 300%.
    Kamu bisa mengoptimasi dengan memberikan penawaran yang lebih menarik, atau foto produk lebih menarik, dll.

Karena untuk menerapkan SEO di website membutuhkan waktu yang cukup lama bisa 6-12 bulan baru masuk top pages. Facebook pun demikian untuk menyebarkan kontenmu hanya ke 1000 orang dengan follower 0 akan sangat susah.

Maka, saya sangat menyarankan kalau kamu memiliki budget 2-3juta untuk dimasukkan ke pos ini.

Daripada kamu melakukan pemasaran di dunia offline yang sekarang ini cenderung sangat mahal dan susah sekali mengukur ROI-nya. Lebih baik gunakan metode ini untuk meningkatkan traffic website.

Oke guys segitu dulu tips dari aku. Kalo kalian ada pertanyaan boleh ya comment disini. Jangan lupa juga share di akun Facebook, LinkedIn, Twitter dll.

Aku ingetin juga untuk gabung di facebook page aku untuk konsultasi gratis tentang bisnismu ato kalo mau dapet tips yang lebih banyak juga bisa disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *